BLT BBM Cair Rp 600 Ribu, Begini Cara Daftar dan Cek Penerimanya!

Kabar baik datang dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang menyatakan bahwa akan segera mencairkan BLT BBM Perioder September 2022 bagi masyarakat yang memang membutuhkan dan sudah terdaftar sebagai penerima bansos.Pemerintah melalui Kemensos juga telah menerangkan bahwa ada 3 jenis bantuan yang disalurkan dan salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM 2022. Proses pencairan dana bansos ini telah disalurkan oleh Pemerintah mulai dari hari Kamis, 1 September 2022 kemarin.

Adapun total uang yang diterima oleh Keluarga penerima Manfaat (KPM) dari BLT BBM September 2022 ini adalah sebesar Rp 600 ribu. Nah, siapa saja sih sajaran penerima bantuan langsung tunai (BLT) ini?Sasaran Penerima BLT BBM 2022Setelah Pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi pada hari Sabtu (3/9/2022) Baca: Harga Pertalite Naik. Masyarakat mulai mengeluhkan dan memprotes apa yang dilakukan pemerintah tersebut.Risma yang merupakan Menteri Sosial Republik Indonesia mengatakan bahwa Menyikapi kenaikan harga bbm, Pemerintah juga mengambil langkah dengan menyalurkan bantuan untuk membantu masyarakat agar bisa menekan pengeluaran keluarga dan juga untuk terus meningkatkan daya beli warga.

Dikutip dari akun Instagram @kemensosri, Bantuan Langsung Tunai BBM 2022 ini akan disalurkan kepada 20,65 juta penerima yang dibagi dalam 2 kategori sasaran, yaitu :KPM Program Sembako/BPNTKPM Program Keluarga Harapan (PKH)Besaran bantuan ini adalah Rp 600.000 yang disalurkan untuk 4 periode yaitu September hingga Desember 2022, atau 150ribu perbulannya.Sedangkan untuk mekanisme pencairannya dilakukan dalam 2 tahap. Tahap 1 itu dicairkan pada bulan September 2022 dengan besaran bantuan sebanyak Rp 300 ribu (periode September – Oktober).

Kemudian, nanti akan Dicairkan lagi pada tahap 2 di bulan Desember 2022 senikai Rp 300 ribu (periode November-Desember). Jadi, total bantuan tunai dari 2 tahap ini adalah senilai Rp 600 ribu.

Untuk pencairan dana bantuannya, Kemensos menunjut PT POS Indonesia sebagai tempat pencairannya. Sedangakan untuk skema penyaluran BLT BBM 2022 ini menggunakan sistem topup dari setiap KPM Bansos.Cara Cek Daftar Penerima BLTUntuk proses penyalurannya ini menggunakan data tetap berbasis pada Data Terpau Kesejahteraan Sosial. Untuk memasikan status anda penerima manfaat atau bukan, bisa mengikuti cara berikut ini :

1. Buka halaman Link Cek Penerima BLT BBM

2. Kemudian ikuti langkah-langkah panduannya seperti yang ada dihalaman tersebut.Bagi yang namanya belum terdaftar jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk mengajukan nama sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) dalam program keluarga harapan ataupun program sembako/BPNT.