Asuransi Mobil TLO: Hal yang Dicover Saat Terjadi Kerusakan dan Cara Klaim

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi jenisnya beragam. Manfaatnya sangat banyak dalam memberikan proteksi untuk aktivitasmu sehari-hari. Salah satu jenis asuransi yang patut kamu gunakan adalah asuransi mobil. Asuransi mobil terbagi menjadi dua, asuransi mobil TLO (total loss only) dan asuransi all-risk atau comprehensive. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang asuransi mobil TLO dan comprehensive, mari simak pengertian asuransi mobil berikut ini. 

Asuransi mobil adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan dan jaminan terhadap mobil apabila terjadi kerusakan atau hal-hal yang merugikan. Sebagai contoh dari kerusakan atau hal-hal yang merugikan adalah terjadinya kecelakaan seperti, benturan, tabrakan, mobil terbalik, tergelincir dan terpelosok.

Selain itu, asuransi mobil juga menjamin dari terjadinya perbuatan jahat seseorang yang mengakibatkan kerusakan. Pencurian dan kebakaran mobil juga akan mendapatkan jaminan dari asuransi mobil.

Untuk produk asuransi mobil sendiri dibagi menjadi dua yaitu, asuransi mobil TLO (Total Loss Only) dan comprehensive.

 Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Sebelum menggunakan produk asuransi mobil, sebaiknya kamu pahami dulu istilah-istilah untuk tiap jenis asuransinya. Dengan memahaminya, kamu tidak akan salah pilih antara asuransi mobil TLO atau comprehensive.

Produk asuransi mobil comprehensive adalah jenis produk asuransi mobil yang menjamin kerugian akibat kerusakan sebagian (partial loss) atau kerusakan total (total loss). Selain itu, produk asuransi jenis ini juga menjamin kerusakan akibat bencana alam, kerusuhan dan sebagainya.

Dengan kata lain, jenis produk asuransi mobil comprehensive akan memberikan jaminan terhadap semua jenis kerusakan mobil.

Produk asuransi mobil yang kedua adalah asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Produk asuransi ini sangat berbeda dengan asuransi mobil comprehensive.

Asuransi mobil TLO menjamin terhadap kehilangan mobil dan kerusakan mobil jika biaya perbaikan kerusakannya lebih dari 75 persen harga mobil yang kamu asuransikan. Apabila kerusakannya tidak mencapai 75 persen, maka kerusakan itu menjadi tanggungan pemilik mobil.

Memang, untuk premi asuransi mobil TLO lebih rendah dibanding comprehensive. Selain itu, dengan produk asuransi mobil jenis ini kamu bisa melakukan perluasan jaminan.

Apa Saja Yang di-cover Asuransi Mobil TLO?

Asuransi mobil TLO cocok buat kamu yang ingin mendapatkan jaminan kerusakan skala besar dengan biaya premi yang murah.

Untuk kondisi yang dapat di-cover asuransi mobil TLO adalah jika mobil kamu mengalami kerusakan skala besar yang biaya perbaikannya mencapai 75 persen lebih dari harga total mobil. Kondisi lain yang dapat di-cover adalah jika mobil kamu terbakar.

Selain itu, asuransi mobil TLO juga meng-cover jika mobil kamu hilang sebab dicuri atau dirampas paksa.

Begini Cara Klaimnya

Sebelum menggunakan asuransi mobil TLO, sebaiknya kamu tahu lebih dulu bagaimana caranya klaimnya.

Untuk mengklaimnya, langkah pertama kamu harus membuat laporan kehilangan atau kecelakaan di kantor polisi dekat tempat kejadian. Kemudian kamu menulis kronologi kejadiannya dengan lengkap.

Kronologinya meliputi, lokasi kecelakaan atau kehilangan mobil, jam terakhir mobil kamu masih ada dan perkiraan waktu hilangnya mobil dengan lengkap.

Setelah itu, kamu pergi ke kantor asuransi dengan membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk mengklaim asuransi mobil. Dokumen persyaratan tersebut seperti, KTP, SIM, STNK dan BPKB serta polis asuransi dan laporan kehilangan atau kecelakaan yang sudah kamu buat.

Kemudian kamu mengisi formulir pengajuan klaim asuransi mobil dan menandatanganinya. Setelah itu serahkan formulir dan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Yang perlu kamu perhatikan, pengajuan klaim asuransi mobil bisa ditolak oleh pihak asuransi. Penolakan terjadi apabila ketentuan dari pihak asuransi tidak kamu penuhi. Kamu harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang mereka tetapkan agar klaim asuransi mobil TLO-mu bisa diterima.

Rekomendasi Asuransi Mobil TLO dari Cekpremi

Masih bingung menentukan pilihan terbaik untuk asuransi mobil? Secara umum, asuransi TLO akan mengcover biaya perbaikan kendaraanmu saat klaim kerusakan yang diajukan melebihi 75%. Nah, beberapa rekomendasi penyedia jasa asuransi dari cekpremi yang bisa kamu pilih antara lain, Mega Insurance, Simas Insurtech, Intra Asia, dan Staco.